Tuhan Transenden

        Tuhan yang satu yang tak terjangkau oleh pikiran manusia, tapi dipersepsi berbeda beda oleh manusia sepanjang sejarah. Meski yang ditunjuk dan yang dituju sejatinya adalah sosok Tuhan yang sama, namun dipersepsi secara berbeda bahkan bertentangan antara masing2 kelompok umat manusia sepanjang sejarah.

        Unik memang, setidaknya dalam perjalanan hidup setiap manusia akan terus berdialektika tentang Tuhan dan mencoba merasionalkan logika mereka, bagaimana pun juga mungkin menjadi hal yang sulit untuk menjelaskan Tuhan dalam berbagai penjelasan yang mencoba untuk di rasionalisasikan.

        

Agaknya memang Tuhan pada hakikatnya tetaplah transenden dan akan selalu transenden, terlepas dari apakah setiap orang punya pengalaman spiritual atau pun pengalaman emosional dan memiliki intelektualitas mumpuni yang menurut mereka menjadi algoritma untuk menuntun mereka kepada kepercayaan mereka terhadap eksistensi Tuhan yang transenden itu. Tetapi setidaknya, deskripsi kehidupan setiap orang adalah implikasi dari persepsi terhadap sesembahannya.

Komentar

  1. https://syamsulrijallutim.blogspot.com/2020/12/tuhan-yang-satu-yang-tak-terjangkau.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadapi...

AMALAN

Al Ghazali, Empat Golongan